semacam berbagi info tempat wisata dan kuliner jangan lupa share and komen ya

Candi Lumbung magelang


Dari namanya sudah unik dan mengandung sejarah yang sakral, ada kemungkinan pada zaman dahulu candi lumbung digunakan untuk menyimpan bekal makanan atau hasil bumi.
Letak candi lumbung yang dahulu berjarak sekitar 750 meter dari lokasi sekarang. Karena khawatir peninggalan sejarah ini hilang yang disebabkan oleh banjir lahar dingin karena berdekatan dengan sungai saluran merapi, maka dilakukan pemindahan.
Candi lumbung yang sekarang Terletak di Dusun Tlatar, Desa Krogowanan  Kecamatan Sawangan, Kabupten Magelang,yang berdekatan dengan candi asu sengi dan candi pendem.
Bangunannya berdiri di atas batu berdenah bujur sangkar dengan ukuran 8,43 x 8,43 meter, dan menghadap ke arah barat. Atap candi yang kini sudah tidak utuh ini justru menarik wisatawan untuk mengunjunginya sebagai bahan penelitian Di bagian barat daya candi ini hanya tersisa bebatuan yang jumlahnya tidak banyak dan menumpuk di tengah candi lumbung. Dan dalam bebatuan bangunan candi ada ukiran dan bentuk hewan, yang memiliki makna tersendiri. Candi lumbung merupakan peninggalan hindu yang diperkirakan berdiri pada abad 8.
0 Komentar untuk "Candi Lumbung magelang"

Back To Top